Coworking Space Solusi Tempat Kerja Dengan Budget Terbatas

Pada dasarnya, konsep coworking space tidak jauh dari budaya sharing ekonomi di mana untuk menciptakan solusi bagi orang-orang saling berkolaborasi dan berbagi agar mencapai tujuan yang lebih efisien. Konsep ini muncul karena tingginya biaya sewa maupun harga jual kantor yang semakin mahal. Beberapa lokasi seperti di Jogja misalnya, harga sewa sebuah ruko yang memiliki luas 72 meter persegi mencapai 100 jutaan per tahun. Apalagi bila harus menghitung biaya operasional serta interior kantor. Beberapa pengusaha terutama start up dengan minim budget tentu tidak akan sanggup menyewa sebuah kantor sendiri.

Lalu, jika harga sewa kantor sangat mahal, bagaimana para pendiri startup akan bekerja? Kita bayangkan para pendiri start up bekerja di rumah dengan nyaman. Layaknya para pendiri-pendiri start up terkenal seperti Bill Gates atau Steve Jobs yang mendirikan perusahaannya dimulai dari garasi rumah Ada sofa, tempat tidur, makanan di kulkas semua tersedia. Namun di rumah, kita akan cepat merasa bosan, malas, kurang profesional, bahkan yang paling parah adalah kehilangan motivasi. Untuk itu, beberapa pendiri start up memilih untuk menyewa sebuah kantor untuk menjaga motivasi. Dengan biaya kantor yang begitu mahal dan suasana kantor di rumah yang membosankan, untuk itulah hadir coworking space. Di mana satu kantor dapat digunakan untuk banyak pihak sehingga biaya menjadi lebih murah. Dan untuk menekan biaya sewa sebuah kantor, para pendiri start up menjalankan konsep  ini.

Walaupun  coworking space bermula dari biaya sewa kantor yang mahal, di baliknya terdapat arti yang lebih penting. Coworker lebih dilihat sebagai kultur yang menekankan mengenai cara bekerja, serta lebih dari sekedar tempat bekerja. Inti dari konsep ini adalah kerjasama, kolaborasi, dan berkomunitas, serta menjadi symbol untuk orang-orang yang dinamis. Menariknya lagi adalah munculnya nilai baru yaitu komunitas. Kultur yang muncul ini tergantung dari arah komunitas yang ada di coworking tersebut. Dengan adanya konsep ini, halangan untuk mendirikan perusahaan semakin kecil, inilah solusi dari mahalnya harga sewa kantor, sehingga merupakan solusi yang sangat fenomenal. Hal ini merupakan sebuah gerakan baru untuk menciptakan solusi dengan lebih cepat dengan berkolaborasi dan bekerjasama.

https://go-work.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *