Ball Bearing dan Jenis Ring Lainnya yang Perlu Kamu Tahu

Dalam Bahasa Indonesia, bearing juga bisa disebut sebagai bantalan. Bearing merupakan salah satu komponen yang sudah tidak asing ditemui oleh para mekanik. Hampir semua jenis mesin menggunakan bearing. Fungsi utama bearing adalah sebagai poros pergerakan mesin. Dari sekian banyak jenis bearing, ball bearing menjadi salah satu bantalan yang cukup banyak ditemukan. Selain ditemukan pada mesin otomotif, ball bearing juga bisa kamu temukan dengan mudah di mesin rumah tangga dan mesin lainnya. Akan tetapi, selain jenis bearing tersebut, ada jenis bearing yang lain, lho.

Cup and Cone Bearing

Sesuai dengan namanya, cup and cone bearing bisa diartikan dengan bantalan yang memiliki mangkok dan corong sebagai penutup. Cup and cone bearing berbentuk miring. Hal itu menyebabkan beban yang perlu ditanggung oleh bantalan bisa tersebar secara merata. Hal itu juga yang menjadi penyebab mengapa cup and cone bearing menjadi lebih mudah untuk diservis atau dirawat.

Caged Bearing

Ada kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh caged bearing. Karena memiliki retainer atau dudukan, caged bearing hanya bisa menahan beban yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan jenis bantalan lain yang tidak menggunakan dudukan. Dudukan pada bearing dipakai untuk menahan bola-bola yang ada di dalamnya agar tidak mengalami gesekan. Meski hanya bisa menahan beban lebih sedikit, tapi bantalan dengan dudukan bisa mengatur posisi bola menjadi lebih baik.

Cartridge Bearing

Sama seperti caged bearing, cartridge bearing juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Banyak mesin modern yang sudah menggunakan jenis bantalan cartridge. Bantalan ini menggunakan karet tambahan agar tidak banyak kotoran yang masuk. Nah, kekurangannya adalah karena terlalu rapat, jenis bantalan ini menjadi lebih sulit diservis.

Kalau kamu sedang mencari toko mana yang menjual berbagai macam jenis bearing, kamu bisa mengunjungi logam-makmur.com. Di sana, kamu bisa menemukan bearing sesuai dengan kebutuhan. Jangan khawatir mengenai kualitas yang tersedia. Logam-makmur.com telah terbukti memberikan pelayanan terbaik selama lebih dari 30 tahun. Klien yang sudah punya nama besar juga tidak segan untuk melakukan kerja sama.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *