Make your own free website on Tripod.com

Posted by on May 30, 2019

Latihan kegel, juga dikenal sebagai latihan dasar panggul atau Kegel, adalah latihan yang dapat dilakukan untuk memperkuat otot-otot yang terletak di bawah kandung kemih, usus dan uterus.

Melakukan latihan dasar panggul dapat memberikan manfaat baik bagi pria maupun wanita dan dapat dilakukan hampir setiap saat. Latihan-latihan ini bermanfaat bagi orang-orang yang terkena masalah inkontinensia urin atau usus.

Fakta cepat tentang Kegels

Berikut adalah beberapa poin penting tentang latihan Kegel. Lebih detail dan informasi pendukung ada di artikel utama.

  • Latihan dasar panggul juga dikenal sebagai Kegels.
  • Latihan kegel dapat dilakukan sambil duduk, berdiri, berjalan, dan berbaring.
  • Kegel juga dapat dilakukan selama kehamilan dan setelah melahirkan
  • Lantai panggul terdiri dari banyak otot yang berbeda
  • Gejala disfungsi dasar panggul termasuk kebocoran urin dan kesulitan mengosongkan usus.
  • Dasar panggul dapat dilemahkan oleh operasi ginekologi dan prostat
  • Otot-otot dasar panggul juga bisa dilemahkan oleh bersin kronis yang disebabkan oleh alergi
  • Melakukan Kegels saat buang air kecil dapat menyebabkan infeksi kandung kemih
  • Latihan kegel dapat meningkatkan kinerja seksual pada pria.

Baca juga : soloco obat kuat permanen

Apa itu otot dasar panggul?

Otot-otot dasar panggul adalah satu set otot yang vital yang membantu pria dan wanita menjaga kontinensi urin dan feses, berdampak pada orgasme, memberikan stabilisasi pada sambungan sendi, membantu drainase panggul, vena dan limfatik dan, ketika bekerja bersama dengan perut dan punggung otot, memberikan stabilisasi tulang belakang.

Selain fungsi-fungsi yang disebutkan di atas, otot-otot dasar panggul membantu mengendalikan tekanan perut selama gerakan yang menyebabkan ketegangan – selama berolahraga, misalnya.

Lantai panggul terdiri dari beberapa otot yang berbeda:

  • Bulbocavernosus
  • Ischiocavernosus
  • Perineal melintang superfisial
  • Sfingter anal eksternal (EAS)
  • Kompresor urethera
  • Sfingter urretrovaginal
  • Perineum melintang dalam
  • Levator ani: pubococcygeus (pubovaginalis, puborectalis), iliococcygeus
  • Coccygeus / ischiococcygeus
  • Piriformis
  • Obturator internus.

 

Gejala disfungsi dasar panggul

Ada berbagai gejala yang terkait dengan disfungsi dasar panggul, banyak di antaranya tidak jelas dan terkait dengan kondisi medis lainnya.

Gejala yang berhubungan dengan disfungsi dasar panggul meliputi:

  • Inkontinensia urin (bocor) dengan tertawa, batuk, bersin atau berolahraga
  • Urgensi atau frekuensi kemih
  • Kesulitan dengan kandung kemih atau pengosongan usus
  • Perut kembung tak disengaja
  • Nyeri panggul
  • Hubungan yang menyakitkan
  • Prolaps organ.
  • Penyebab disfungsi dasar panggul

Disfungsi dasar panggul terjadi ketika otot-otot dasar panggul melemah, meregang atau terlalu kencang. Otot dasar panggul bisa lemah sejak usia dini, secara bertahap melemah dari waktu ke waktu atau menjadi lemah oleh satu peristiwa.

Seperti banyak kondisi medis lainnya, ada situasi dan kondisi tertentu yang menempatkan seseorang pada risiko lebih tinggi untuk mengalami disfungsi dasar panggul.

 

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko disfungsi dasar panggul meliputi:

Kehamilan dan persalinan

Mati haid

Terlalu sering atau tidak digunakan kelompok otot

Sakit punggung

Sembelit atau mengejan dengan buang air besar

Kelebihan berat badan atau obesitas

Angkat berat

Kondisi seperti asma dan alergi yang menyebabkan batuk kronis atau bersin

Cedera pada panggul

Pembedahan seperti pembedahan ginekologi atau prostat.

Atlit elit seperti pelari dan pesenam memiliki peningkatan risiko disfungsi dasar panggul, seperti halnya orang yang lebih tua karena otot mereka melemah seiring waktu.

Bagaimana cara melakukan Kegels

Baik pria maupun wanita dapat mengambil manfaat dari melakukan latihan untuk bekerja dan memperkuat otot-otot dasar panggul. Disfungsi dasar panggul dapat sangat ditingkatkan dengan latihan teratur yang menargetkan kelompok-kelompok otot ini.

Latihan kegel untuk wanita

Cara melakukan Kegel yang tepat sangat penting untuk keberhasilan perawatan. Latihan-latihan ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja dan bermanfaat dalam memperkuat otot-otot dasar panggul.

Penyedia perawatan kesehatan atau terapis fisik Anda dapat menginstruksikan Anda tentang cara melakukan Kegel yang tepat saat berada di kantor mereka, dan pada saat itu teknik yang tepat dapat dievaluasi. Latihan dasar panggul juga bisa dilakukan selama kehamilan dan setelah melahirkan. 5

Kadang-kadang, teknik yang disebut biofeedback mungkin diperlukan. Selama perawatan biofeedback, alat akan memonitor kontraksi otot yang tepat, kekuatan dasar panggul dan waktu kegel. Biofeedback memperkuat teknik latihan yang tepat.

Untuk melakukan Kegel yang tepat, Anda harus:

Relakskan perut, dada, paha, dan bokong

Kencangkan otot-otot dasar panggul, seolah-olah Anda berusaha untuk berhenti buang air kecil, dan tahan selama 5-10 detik. Jika Anda dapat merasakan gerakan ke atas dan pengetatan vagina, anus atau kandung kemih, Anda telah berhasil menyelesaikan Kegel.

Istirahat 5-10 detik dan ulangi selama tiga set, 10 kali sehari. Tujuan utamanya adalah menahan kontraksi selama 10 detik setiap kali latihan dilakukan.

Untuk memastikan Anda telah mengidentifikasi otot-otot dasar panggul dengan benar dan melakukan Kegel, beberapa wanita merasa perlu memasukkan jari ke dalam vagina dan melakukan Kegel; jika dilakukan dengan benar, otot-otot akan mengencang dan bergerak ke atas. 3 . Selain itu, beberapa wanita juga mendapat manfaat dari menggunakan kerucut vagina tertimbang, berusaha menahan kerucut di dalam vagina saat melakukan latihan Kegel.

Tidak disarankan untuk sering melakukan latihan kegel saat buang air kecil; teknik ini dapat meningkatkan risiko pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap dan infeksi saluran kemih.

Selain itu, Kegels harus dilakukan sesuai anjuran; Berlebihan dari otot dasar panggul dapat memperburuk gejala disfungsi dasar panggul karena kelelahan otot . Hasil positif dapat diharapkan dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah latihan Kegel.

Baca juga : Apakah latihan disfungsi ereksi membantu?

Latihan kegel untuk pria

Pria tidak kebal terhadap efek dari dasar panggul yang lemah dan mungkin mendapat manfaat dari melakukan latihan Kegel. Selain meningkatkan kontrol kandung kemih dan usus, latihan dasar panggul juga dapat meningkatkan kinerja seksual.

Operasi pengangkatan prostat (prostatektomi radikal) adalah faktor lain yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul.

Mungkin perlu memiliki penyedia layanan kesehatan yang menawarkan instruksi atau teknik biofeedback yang tepat; biofeedback akan menggunakan sensor yang ditempatkan di anus untuk memberikan grafik visual yang menunjukkan kontraksi dan relaksasi otot.

Selain itu, mungkin berguna untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul yang digunakan selama Kegel. Untuk melakukan ini, pria dapat memasukkan jari ke dalam rektum sambil mengencangkan dan merelaksasikan otot-otot dasar panggul (seolah-olah Anda memegang atau menghentikan aliran urin).

Untuk melakukan Kegel dengan benar, Anda harus:

  • Relakskan otot-otot perut, paha, dan bokong saat bernapas normal
  • Temukan otot-otot dasar panggul seperti di atas
  • Kencangkan otot-otot dasar panggul seolah-olah Anda mencoba untuk berhenti buang air kecil, tahan selama 3 detik dan kemudian rileks selama 3 detik. Ulangi dalam set 10, tiga kali per hari.
  • Seperti di atas, tidak disarankan untuk sering melakukan latihan kegel saat buang air kecil; teknik ini dapat meningkatkan risiko pengosongan kandung kemih yang tidak lengkap dan infeksi saluran kemih.
  • Selain itu, Kegels harus dilakukan sesuai anjuran; Latihan otot dasar panggul yang berlebihan dapat memperburuk gejala disfungsi dasar panggul karena kelelahan otot. 3,6 Hasil positif dapat diharapkan dalam beberapa minggu hingga beberapa bulan setelah latihan Kegel.
  • Bicaralah dengan penyedia layanan kesehatan Anda jika Anda memiliki gejala atau berisiko mengalami disfungsi dasar panggul, atau jika Anda memerlukan instruksi tambahan tentang cara melakukan latihan dasar panggul. Kadang-kadang, evaluasi dengan ahli fisioterapi dasar panggul dapat direkomendasikan.

Baca juga : permen soloco obat kuat paling manjur

Comments

Be the first to comment.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*