Make your own free website on Tripod.com

Posted by on July 8, 2019

Lemak adalah salah satu elemen penting yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Lemak memainkan peran penting dalam proses metabolisme dalam tubuh, termasuk sebagai konstituen dari struktur seluler yang berbeda dan sebagai salah satu sumber energi tubuh.

Efek Kelebihan Lemak Dalam Darah Terhadap Kualitas Sperma

Asupan lemak dibutuhkan dalam jumlah seimbang untuk memainkan peran optimal. Kelebihan lemak dalam darah memiliki banyak efek samping, seperti pemicu penyakit jantung dan pembuluh darah. Namun, tahukah Anda bahwa kadar lemak yang tinggi dalam darah dapat mengurangi kesuburan pria?

Baca Juga : Cara Menyuburkan Kandungan Secara Alami

Apa hubungan antara lemak dan sperma?

Pada saluran pencernaan, lemak atau lemak akan dibagi menjadi beberapa elemen seperti kolesterol, trigliserida, HDL (lemak baik), LDL (lemak jahat) dan lainnya. Beberapa bagian lemak ini memiliki efek yang mengurangi produksi sperma dan hormon seks.

Hypercholesterolemia (kadar kolesterol berlebih dalam darah), misalnya, mengganggu aktivitas sel yang bertanggung jawab untuk memasok nutrisi ke spermatozoa. Selain itu, kelebihan kolesterol juga dapat mengurangi aktivitas testosteron, hormon seks utama pada pria.

Kolesterol darah tinggi memiliki kecenderungan untuk membentuk radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas adalah elemen berbahaya yang merusak sperma dan dapat mengganggu proses pematangan sperma di testis.

Sebuah penelitian juga menyimpulkan bahwa hipertrigliseridemia (kadar trigliserida yang berlebihan dalam darah) dapat memiliki efek negatif pada jumlah dan motilitas sel sperma. Selain itu, kadar lemak yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan obesitas atau kelebihan berat badan. Obesitas juga berkontribusi terhadap penurunan kualitas sperma.

Bagaimana kelebihan lemak mengganggu kualitas sperma?

Volume sperma

Sebuah penelitian dari China mengungkapkan bahwa peningkatan kolesterol, trigliserida dan kadar LDL dalam darah dapat mengurangi volume sperma. Idealnya, sekitar 1,5 mililiter sperma yang mengandung sperma diproduksi dalam ejakulasi pria.

Hitungan sperma

Dalam sperma seorang pria mengandung sel sperma yang bertanggung jawab untuk pembuahan. Jumlah sperma normal dalam mililiter sperma adalah 15 juta sel. Kuantitas ini diperlukan agar kemungkinan pembuahan dengan telur betina lebih besar.

Kelebihan lemak dalam darah, khususnya kolesterol, bisa menjadi penyebab berkurangnya jumlah spermatozoa yang menyebabkan oligozoospermia, yang terlalu kecil jumlah sperma.

Morfologi atau bentuk kepala sperma

Kepala adalah struktur penting dari sel sperma. Karena kepala sperma mengandung enzim untuk membuahi sel telur wanita dan ada informasi genetik dari seorang pria yang nantinya akan diteruskan ke anak anak. Dengan demikian, gangguan morfologis atau bentuk kepala dapat mengurangi kesuburan pria.

Baca Juga : Sunat Bisa Pengaruhi Kesuburan Pria

Sejauh ini belum ada referensi standar mengenai batas keamanan berbagai jenis lemak sehingga aman untuk sistem reproduksi pria. Namun, akan lebih baik jika berbagai makanan selalu dikonsumsi secara seimbang dengan aktivitas fisik yang memadai. Jangan ragu untuk memeriksa kadar lemak darah Anda secara teratur sehingga Anda dapat merencanakan upaya pencegahan lebih lanjut.

Comments

Be the first to comment.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*