Make your own free website on Tripod.com
Berita Kesehatan

Waktu Ideal Untuk Minuman dan Menikmati Kopi

Bagi sebagian besar orang minum kopi sudah menjadi hobi yang menyenangkan, tidak sedikit yang mengaku telah benar-benar kecanduan. Fenomena inilah yang membuat semakin banyak kedai kopi modern muncul di Indonesia.

Mirisnya, banyak penikmat kopi yang tidak tahu kapan waktu minum kopi yang benar. Padahal dengan minum kopi disaat yang tepat, manfaat yang diberikan jauh lebih optimal. 

Kapan Waktu Minum Kopi yang Benar?

Melihat banyak orang yang gemar minum kopi di pagi hari membuat banyak peneliti tergelitik untuk melakukan penelitian. Mereka ingin mengetahui apa benar kopi bagus dikonsumsi setiap pagi? Dan apa ada manfaatnya untuk kesehatan? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

  • Minum Kopi Baiknya Di Pertengahan Pagi

Banyak orang yang suka sarapan sambil ditemani secangkir kopi pahit, tujuannya supaya tidak mengantuk saat bekerja. Padahal minum kopi di pagi hari itu tidak dianjurkan karena bisa mengganggu tolerasi tubuh kita terhadap kadar kafein tinggi yang terdapat dalam kopi. 

Menurut ahli gizi Australia, Lyndi Cohen mengkonsumsi atau menikmati kopi di pagi hari akan merusak tatanan sistem metabolisme tubuh kita. Sebagai minuman yang kaya akan kafein, kopi baiknya dikonsumsi ketika tubuh memproduksi sedikit hormone kortisol. Hal ini justru berbanding terbalik dengan kondisi tubuh yang secara alami memproduksi kortisol tinggi di pagi hari.

Baca Juga:  Rekor Pertemuan Chelsea VS Liverpool serta Peluang Kedua Tim

Adapun waktu di mana hormone kortisol dalam tubuh berkurang dan kadarnya sedikit adalah pada pertengahan pagi di antara pukul 09.30-11.30. 

  • Jam 13.30 Atau Jam 17.00

Selain di pagi hari, tingginya kadar hormone kortisol dalam tubuh juga terjadi di dua waktu yang berbeda antara pukul 12.00-13.00 dan menjelang malam hari pukul 18.00-19.00. Jika Anda benar-benar membutuhkan kopi di siang atau sore hari, maka pilihan waktu yang tepat berada setelah atau sebelumnya

Jam 13.30-14.00 merupakan waktu paling maksimal di mana tubuh bisa menolerir kafein. Sementara pukul 17.00 merupakan waktu paling ideal untuk mengkonsumsi kopi terakhir kalinya dalam 24 jam penuh. Karena bila mengkonsumsi kopi setelah pukul 19.00 dikhwatirkan tubuh justru tetap terjaga dan mengganggu kualitas tidur Anda. 

  • Sebelum Melakukan Workout (Olahraga)

Lyndi menjelaskan jika selain menyesuaikan waktu minum kopi dengan jam hormone kortisol, Anda ternyata masih bisa menikmati kopi sebelum berolahraga. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan jika kopi baik untuk meningkatkan kekuatan fisik sekaligus membantu membakar lemak.

Tubuh Anda akan mampu melakukan workout dengan lebih bersemangat setelah sebelumnya menikmati secangkir kopi. Aturannya, minum kopi paling tidak 30 menit sebelum berolahraga. Sehingga manfaat yang ingin Anda dapatkan bisa diperoleh dengan optimal. 

Lihat Juga: Mau Bermain Togel Singapore Sgp? Berikut Langkah-Langkah Yang Harus Kamu Lakukan!

Sebenarnya masing-masing individu memiliki tolerasi kafein yang berbeda. Ada yang bisa tetap terjaga setelah minum secangkir kopi tapi ada juga yang bisa tidur dengan sangat nyenyak. Untuk menjaga kesehatan tubuh kita, baiknya perhatikan aturan waktu minum kopi yang benar di atas. Mulailah dari hari ini dan lakukan terus menerus hingga hari-hari kemudian.

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*