Make your own free website on Tripod.com

Posted by on December 18, 2022

Pengangkutan barang dan produk yang membutuhkan suhu yang terkontrol sudah umum saat ini. Truk dan kontainer berpendingin digunakan untuk mengangkut barang yang mudah rusak seperti produk hortikultura dan produk makanan. Kualitas beberapa barang sangat bergantung pada kondisi pengangkutannya. Unggas segar misalnya memiliki kualitas yang tercermin dari rasa yang sangat dipengaruhi oleh kondisi dan waktu yang dibutuhkan sejak pengemasan dan pengiriman.

Sebagian besar perusahaan transportasi telah menganut layanan pengiriman berpendingin canggih yang memastikan bahwa kualitas barang dan produk ini tetap terjaga. Contoh yang baik adalah pengangkutan produk hortikultura seperti buah-buahan dan bunga. Untuk memastikan bahwa barang tidak rusak sebelum mencapai pasar yang terkadang berada di negara lain yang sangat jauh, layanan pengiriman berpendingin sangat berguna.

Bunga adalah barang yang mudah rusak yang kualitasnya dapat terpengaruh dalam waktu singkat dan penggunaan serta penjualannya di pasar sangat bergantung pada kualitas pada saat bunga tersebut sampai di pasar. Kegagalan untuk mengawetkannya selama pengangkutan akan mengakibatkan kerusakan dan kerugian bagi para pedagang.

Perusahaan pengapalan kereta api telah mengadopsi gagasan pengangkutan berpendingin ini dengan memastikan bahwa beberapa kompartemen disisihkan untuk digunakan mengangkut barang yang mudah rusak. Ini dalam artian bahwa kompartemen ini memiliki suhu yang dikontrol agar sesuai dengan kebutuhan suhu barang yang dibawa.

Kereta api lebih dapat diandalkan daripada cara lain dalam hal transportasi tepat waktu untuk barang-barang ini. Hal ini karena angkutan perkeretaapian memiliki jadwal pengangkutan yang terorganisir sehingga dapat dilakukan perkiraan waktu yang akurat. Kereta api menawarkan moda transportasi yang agak murah untuk barang yang mudah rusak. Hal ini dimungkinkan dengan merangkul layanan kargo berpendingin oleh perusahaan transportasi kereta api besar.

Memang penting bagi agen angkutan barang untuk terus melakukan tracing truk, kereta api maupun kereta api berpendingin untuk memastikan mereka bergerak sesuai dengan spesifikasi yang diberikan. Dalam hal terjadi kerusakan alat angkut, pertolongan perlu dikirimkan secepat mungkin karena keterlambatan dapat mempengaruhi barang dengan kerusakan atau kedaluwarsa. Perusahaan yang berurusan dengan pengiriman barang berpendingin harus memiliki berbagai pilihan untuk memenuhi keadaan darurat.

Misalnya dalam kasus di mana truk berpendingin macet di suatu tempat karena kondisi cuaca yang buruk, pesawat penyelamat yang memiliki fasilitas untuk menangani kargo berpendingin harus segera dikirim untuk memastikan bahwa barang-barang tersebut telah diselamatkan.

Akan tetapi, Jasa Titipan Expres dan produk berpendingin lebih mahal daripada pengangkutan barang tahan lama lainnya. Ini karena perawatan konstan yang dilakukan pada kurir dan juga pembelian fasilitas ini. Mengambil tugas mengangkut barang yang mudah rusak adalah usaha yang agak berisiko yang diambil oleh agen transportasi. Kompensasi yang baik melalui pengenaan tarif yang lebih tinggi membuat mereka mampu dan termotivasi untuk mengambil risiko.

Posted in: Umum

Comments

Be the first to comment.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*