Make your own free website on Tripod.com

Posted by on April 25, 2019

Fungsi utama jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh. Sebagai alat transportasi dalam tubuh, darah bertanggung jawab untuk transportasi nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh organ-organ tubuh saat mengangkut bahan limbah. Jantung dan pembuluh darah membentuk sistem kardiovaskular untuk memastikan kelangsungan hidup kita.

Sistem Kerja Jantung Yang Sehat

Jantung yang normal dan sehat didukung oleh jaringan otot yang kuat dan bekerja dengan baik ketika memompa darah. Jantung berdetak tanpa gangguan, memompa darah dan memungkinkan lebih dari 14.000 liter darah mengalir setiap hari.

Baca Juga : Resep Tradisional Disfungsi Ereksi

Jantung manusia yang berukuran hampir kepalan tangan dibagi menjadi empat bagian, ruang depan kanan dan kiri dan ruang kanan dan kiri. Setiap ruang jantung dipisahkan oleh dinding, septum.

Darah dipompa melalui bagian-bagian ini. Untuk memastikan aliran darah, ada katup yang membuka dan menutup. Semua katup ini bertanggung jawab atas aliran darah ke arah yang benar. Ada empat katup di hati, yaitu:

  1. Katup mitral terletak di antara serambi kiri dan ventrikel kiri. Katup ini biasanya memiliki dua sayap katup, sehingga disebut juga katup bikuspid.
  2. Katup aorta terletak di antara ventrikel kiri dan aorta atau denyut nadi.
  3. Katup trikuspid terletak di antara serambi kanan dan ventrikel kanan dan memiliki tiga katup.
  4. Flap paru terletak di antara ventrikel kanan dan arteri pulmonalis.

Fungsi jantung berdasarkan bagian-bagiannya
Setiap bagian dari anatomi jantung memiliki fungsinya sendiri. Selanjutnya, penjelasannya akan dijelaskan secara lebih rinci.

Baca Juga : Obat Disfungsi Ereksi Paling Manjur

  • Serambi kanan
    Di teras kanan ada darah kotor. Darah kotor adalah darah rendah oksigen yang memasuki teras kanan melalui vena cava superior dan inferior. Darah dipompa dari teras kanan ke ventrikel kanan. Di jantung janin ada lubang di serambi kanan, sehingga darah bisa mengalir langsung ke serambi kiri. Ini penting untuk sirkulasi janin karena paru-paru janin tidak dapat berfungsi sehingga janin ibu secara langsung mengeluarkan darah yang bersih dan kaya oksigen. Setelah lahir, paru-paru bayi membesar dan mulai berfungsi. Lubang ditutup dan membentuk perbatasan antara teras kanan dan kiri.
  • Keadaan yang benar
    Ini adalah bagian yang bertanggung jawab untuk memompa darah kotor ke paru-paru sehingga karbon dioksida dapat ditukar dengan oksigen selama proses pernapasan. Dudukan terletak di bawah teras kanan dan di sebelah dudukan kiri.
    Darah kotor yang mengalir melalui serambi kanan akan melewati katup trikuspid ke ventrikel kanan. Darah ini kemudian dipompa melalui katup paru ke arah paru-paru dan mengalir melalui arteri paru-paru.
    Jika bagian jantung ini tidak berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat memompa secara efisien, dapat terjadi gagal jantung kanan.
  • Beranda di sebelah kiri
    Bagian ini bertanggung jawab untuk asupan darah murni dari paru-paru. Darah bersih adalah darah yang mengandung oksigen. Darah bersih memasuki teras kiri melalui vena atau vena paru. Darah ini kemudian dipompa melalui katup mitral ke ventrikel kiri.
  • Tinggalkan dudukannya
    Ventrikel kiri jantung terletak di bawah ruang depan kiri dan dipisahkan oleh katup mitral. Ventrikel kiri adalah bagian jantung yang paling tebal dan bertanggung jawab untuk memompa darah bersih ke seluruh tubuh. Kondisi tekanan darah tinggi dapat menyebabkan otot ventrikel kiri membesar dan mengeras karena peningkatan beban ventrikel kiri pada pemompaan darah. Jika ini terjadi terus menerus, fungsi ventrikel kiri dapat terganggu saat memompa darah ke seluruh tubuh.

Baca Juga : Masa Subur Pria

Karena itu, penting bahwa fungsi jantung sangat penting sehingga kita melindunginya dengan menerapkan gaya hidup sehat, termasuk makan banyak sayuran dan buah-buahan, berolahraga secara teratur, dan yang terpenting, tidak merokok. Jika Anda mengalami gangguan kondisi jantung, segera konsultasikan ke dokter untuk perawatan.

Comments

Be the first to comment.

Leave a Reply


You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*